PENINGKATAN KARIR DAN MUTU DOSEN LEWAT STUDI DOKTORAL

Di era globalisasi saat ini, salah satu yang menjadi sorotan adalah berkembangnya karya-karya intelektual dengan disertai tenaga-tenaga ahli yang handal dimana salah satu indikator yang dibutuhkan adalah pendidikan yang terencana dan memadai. Berbicara mengenai perkembangan dunia akademis yang tidak lepas dari peran dosen yang mana fungsi, peran dan kedudukannya sangat strategis dalam kemajuan sebuah institusi pendidikan. Kesuksesan sebuah perguruan tinggi dapat kita perhatikan dari eksistensi sumber daya manusia dalam hal ini adalah dosen yang menjadi salah satu komponen esensial dalam sebuah sistem pendidikan dalam perguruan tinggi. Keberadaan dosen sebagai pilar penunjang proses pendidikan memiliki problematika tersendiri,dimana jumlah dosen bergelar doktor di Indonesia masih sangat minim.

Namun hal ini perlu menjadi perhatian dan kesadaran para akademisi, dimana lemahnya kualitas sumber daya manusia di pendidikan tinggi menjadi indikasi lemahnya kualitas pendidikan tinggi kita karena antara lain kurangnya kualifikasi dosen lulusan doktor. Satu sisi, pemerintah telah berupaya menghimbau kekurangan tenaga doktor di perguruan tinggi Indonesia lewat beragam beasiswa yang ditawarkan untuk membantu menunjang pendidikan lanjut,namun sayang kesempatan emas tersebut kurang dapat dimanfaatkan oleh banyak dosen dengan berbagai alasan. Memaksimalkan pendidikan hingga mendapat gelar doktor tentu penting bagi seorang akademisi,sebab perlu diakui mengenyam pendidikan hingga strata 3 akan memperdalam pemahaman mengenai suatu bidang keilmuan dengan cara yang filosofis(mengakar). Begitupun dari sisi karir, gelar doktor dapat membuka jalan untuk meraih jabatan Guru Besar yang mana jabatan ini adalah jabatan tertinggi pada sebuah institusi pendidikan yang juga akan berpengaruh pada akreditasi sebuah perguruan tinggi.

Kesadaran akan urgensitas dosen melanjutkan studi doktoral juga perlu menjadi kesadaran perguruan tinggi untuk penataan sistem dan karir Sumber Daya Manusianya. Adapun yang menjadi penekanan utama adalah memperkuat dan memperbaiki kualitas dosen agar menjadi unggul dan kreatif serta tersedianya ruang untuk mengaktualisasikan potensi secara maksimal.